Karsa Institute Tingkatkan Pengetahuan Petani Kopi

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Selasa, 30 Juli 2024

Karsa Institute Tingkatkan Pengetahuan Petani Kopi

 

Karsa Institute bersama Kemitraan Partnership dengan dukungan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Kementerian Desa PDT menggelar sekolah lapang budidaya tanaman kopi bagi petani kecil dan petani perempuan di Desa Nupabomba Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala pada Sabtu dan Minggu 27-28 juli 2024.

Dalam pelatihan yg digelar di Dusun 5 Kebun Kopi tersebut , peserta diberikan materi dan praktek mengenai budidaya tanaman kopi, mulai dari penanaman, pemeliharaan, pemupukan, pemangkasan hingga panen. Pemateri dalam kegiatan ini adalah Moh. Irfan yang selama ini mendampingi petani kopi di Kabupaten Sigi.

Husna , salah satu petani kopi perempuan di Desa Nupabomba mengaku sangat senang dengan Kegiatan ini, karena banyak pengetahuan dan cara mengenai budidaya kopi yang baru mereka ketahui , terutama pada teknik pemangkasan, pemupukan dan panen , yang akan mempengaruhi penghasilan bagi petani.

Moh Rul, Fasilitator Desa Inklusi mengatakan alasan pelaksanaan sekolah lapang ini karena melihat potensi komoditi kopi di Nupabomba yang besar, terutama melihat ketersediaan lahan yang juga masih luas, sementara ada kendala dan tantangan bagi petani kecil terutama dalam pengetahuan budidaya dan sarana produksi yang terbatas. Olehnya dengan SL ini diharapkan petani dapat meningkat pengetahuannya agar dapat meningkatkan nilai produksi komoditi kopi mereka.*Edy

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 79 - Karsa Institute (KARSA Inisiatif Timur Indonesia) | |